Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Rumus Dasar Excel Dan Fungsinya

Rumus dasar excel dan fungsinya

Rumus dasar excel dan fungsinya

Rumus Excel yang Sering Digunakan Dalam Dunia Kerja, Wajib Catat Nih!

  • IF. Fungsi rumus Excel IF adalah mengambil salah satu dari dua nilai berdasarkan suatu kondisi.
  • 2. SUM. Fungsi rumus Excel SUM adalah menjumlahkan sekumpulan angka. ...
  • 3. Count. ...
  • 4. CountA. ...
  • CountIF. ...
  • 6. SumIF. ...
  • 7. Match. ...
  • 8. VLookUp.

Rumus Excel apa saja yang harus dikuasai admin?

Rumus Excel yang harus dikuasai oleh admin ada beragam. Contohnya saja IF, VLOOKUP, HLOOKUP, SUM, AVERAGE, dan sebagainya. Seorang admin tentu saja perlu menguasai semua rumus tersebut.

5 rumus pada Microsoft Excel dan apa kegunaannya?

5 Rumus Microsoft Excel Penting

  • SUM. SUM merupakan rumus untuk menjumlahkan angka yang ada di sel-sel tertentu.
  • COUNT. COUNT memiliki fungsi untuk menghitung jumlah sel yang berisi angka. ...
  • COUNTA. ...
  • AVERAGE. ...
  • IF.

Rumus IF untuk apa?

Gunakan fungsi IF, salah satu dari fungsi logika, untuk mengembalikan satu nilai jika kondisi benar dan nilai lain jika kondisi salah. Misalnya: =IF(A2>B2,"Melebihi Budget","OK") =IF(A2=B2,B4-A4,"")

Apa itu rumus VLOOKUP dan hlookup?

Bentuk penulisan fungsinya =VLOOKUP(lookup_value, tabel_array, col_index_num) atau bisa juga dibaca =VLOOKUP(Nilai Kunci, letak table, nomor kolom). Sedangkan fungsi HLOOKUP digunakan untuk menampilkan data dari sebuah tabel yang disusun dalam format horizontal.

SUM itu apa?

SUM dipakai ketika kamu ingin menjumlahkan beberapa angka dalam grup sel. Fungsi ini digunakan untuk melakukan penjumlahan data atau menambahkan semua angka yang telah kamu tentukan sebagai variabelnya.

Apa rumus pengurangan di Excel?

Mengurangi angka menggunakan referensi sel Ketik angka di sel C1 dan D1. Misalnya, 5 dan 3. Di sel E1, ketik tanda sama dengan (=) untuk memulai rumus. Setelah tanda sama dengan, ketik C1-D1.

Bagaimana cara menggunakan rumus SUM?

Menggunakan fungsi SUM untuk menjumlahkan angka dalam rentang

  1. Ketik =SUM dalam sel, diikuti dengan tanda kurung buka (.
  2. Untuk memasukkan rentang rumus pertama, yang disebut argumen (bagian data yang perlu dijalankan rumus), ketik A2:A4 (atau pilih sel A2 dan seret melalui sel A6).

Apa itu pivot table di Excel?

PivotTable adalah alat canggih untuk menghitung, meringkas, dan menganalisis data yang memungkinkan Anda melihat perbandingan, pola, dan tren dalam data Anda. PivotTable bekerja sedikit berbeda tergantung pada platform apa yang Anda gunakan untuk menjalankan Excel.

Apa itu fungsi string?

Dengan fungsi string, Anda bisa membuat ekspresi di Access yang memanipulasi teks dalam berbagai cara. Misalnya, Anda mungkin hanya ingin menampilkan bagian dari nomor seri pada formulir. Atau, Anda mungkin perlu bergabung (menggabungkan) beberapa string bersama-sama, seperti nama belakang dan nama depan.

Apa fungsi sum average max dan min?

Fungsi Average menghitung rata-rata, atau rata-rata aritmetika, dari argumennya. Fungsi Max mencari nilai maksimum. Fungsi Min mencari nilai minimum. Fungsi Sum menghitung jumlah argumennya.

Kapan menggunakan VLOOKUP dan hlookup?

Demikian, perbedaan VLOOKUP dan HLOOKUP, yaitu VLOOKUP adalah rumus yang digunakan untuk mencari data dalam rentang sel secara vertikal (mencari data berdasarkan kolom). Sementara itu, HLOOKUP adalah rumus yang digunakan untuk mencari data dalam rentang sel secara horizontal (mencari data per baris).

Manakah rumus Hlookup?

Rumus Excel Hlookup merupakan salah satu fungsi ms. Excel yang digunakan untuk mencari data pada baris pertama sebuah tabel data, kemudian mengambil nilai dari sel mana pun di kolom yang sama pada tabel data tersebut.

Hlookup digunakan untuk apa?

Gunakan HLOOKUP jika nilai perbandingan terletak di sebuah baris di bagian atas tabel data, dan Anda ingin mencari ke beberapa baris tertentu di bawahnya. Gunakan VLOOKUP jika nilai perbandingan terletak di kolom sebelah kiri data yang ingin dicari. Huruf H pada HLOOKUP merupakan singkatan dari "Horizontal."

Apa yang dimaksud dengan tabel array?

– table_array (wajib diisi) merupakan range atau tabel yang digunakan untuk mencari data yang diinginkan. Sebagai pengingat dan mudah untuk diingat pula, table array ini disebut juga dengan tabel vlookup.

Apa itu max di Excel?

Rumus MAX pada Microsoft Excel dapat digunakan untuk mencari nilai terbesar dari suatu kumpulan angka yang entri datanya memenuhi kriteria tertentu. Berbeda dengan fungsi Excel pada umumnya, fungsi MAX ini digunakan untuk mencari nilai tertinggi dari suatu data dengan kriteria/kondisi tertentu.

Bagaimana cara membuat dashboard Excel?

Langkah-langkah membuat Dashboard :

  1. Buka File Pivot.xlsx.
  2. Pada Worksheet “january” Letakan kursor pada area data.
  3. Klik tab Insert kemudian pilih PivotTable, kemudian akan menampilkan dialog box create PivotTable.
  4. Buatlah laporan menggunakan PivotTable berdasarkan “Day“, “Product“, dan “total“.

Apakah fungsi dari Select a table or range?

Select table or range = mengambil dari data sheet yang sudah ada. Use an external data source = mengambil data dari sumber luar.

Bagaimana cara membuat subtotal?

Membuat subtotal:

  1. Pertama, urutkan lembar kerja Anda dengan data yang ingin Anda jumlahkan.
  2. Pilih tab Data, kemudian klik perintah Subtotal.
  3. Kotak dialog Subtotal akan muncul. ...
  4. Klik panah drop-down pada Use function: pilih untuk menentukan fungsi yang ingin Anda gunakan.

Apa itu mid dalam excel?

MID mengembalikan jumlah karakter tertentu dari sebuah string teks, dimulai dari posisi yang Anda tentukan, berdasarkan jumlah karakter yang Anda tentukan.

14 Rumus dasar excel dan fungsinya Images

INILAH CONTOH LAPORAN KEUANGAN BULANAN EXCEL  Laporan keuangan

INILAH CONTOH LAPORAN KEUANGAN BULANAN EXCEL Laporan keuangan

SIM Unsur dan Rumus Kimia  Rumus kimia Kimia

SIM Unsur dan Rumus Kimia Rumus kimia Kimia

Indra Peraba Struktur Kulit Cara Kerja dan Fungsi Kulit  Kosongin

Indra Peraba Struktur Kulit Cara Kerja dan Fungsi Kulit Kosongin

Template Laporan Keuangan Bisnis Onlineexcel  Laporan keuangan

Template Laporan Keuangan Bisnis Onlineexcel Laporan keuangan

Kenali Struktur Mata  Body parts preschool activities Body parts

Kenali Struktur Mata Body parts preschool activities Body parts

58 best Biologi SMA Kelas XI images on Pinterest  Salts Animal cell

58 best Biologi SMA Kelas XI images on Pinterest Salts Animal cell

Lucky Adam Fashion SubangKursus Menjahit  Menjahit Celana

Lucky Adam Fashion SubangKursus Menjahit Menjahit Celana

Cara dan Contoh Membuat Laporan Stok Barang di Gudang dengan Excel

Cara dan Contoh Membuat Laporan Stok Barang di Gudang dengan Excel

Contoh soal ulangan UASPAS mata pelajaran Pendidikan Agama Islam bagi

Contoh soal ulangan UASPAS mata pelajaran Pendidikan Agama Islam bagi

Cara Bikin Laporan Keuangan Lengkap dengan Rumus Excel

Cara Bikin Laporan Keuangan Lengkap dengan Rumus Excel

Catatan tentang     Clear  Belajar Matematika

Catatan tentang Clear Belajar Matematika

Pola Dasar Gamis Anak  Girls clothes patterns Clothes sewing patterns

Pola Dasar Gamis Anak Girls clothes patterns Clothes sewing patterns

Pin di Belajar

Pin di Belajar

Post a Comment for "Rumus Dasar Excel Dan Fungsinya"